Lafadz Niat Mengeluarkan Zakat Fithra

Mengeluarkan zakat Fithra adalah kewajiban bagi tiap-tiap orang Islam. Zakat fithra wajib/fardhu hukumnya dikeluarkan pada bulan Ramadhan sebelum sholat Idul Fithri dilaksanakan.

Orang yang mengeluarkan zakat fithrah harus disertai niat karena Allah SWT, baik di dalam hati saja ataupun dibarengi dengan lisan. Jika dilafadzkan niat mengeluarkan zakat fithra adalah seperti ini :

1. Niat Zakat Untuk Diri sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضاًَ لِلّهِ تعالى

Membacanya : NAWAITU -AN UKHRIJA- ZAKAATAL- FITHRI- ‘AN NAFSI FARDHOL LILLAAHI TA’ALA

Artinya : Saya sengaja(niat) mengeluarkan zakat fithrah atas diri saya,  wajib karena Allah Ta’ala

2. Zakat Untuk Isteri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ…فَرْضاًَ لِلّهِ تعاَلٰى

Cara membaca : NAWAITU- AN UKHRIJA- ZAKAATAL FITHRI- AN ZAWJATI…FARDHOL LILLAAHI TA’ALA

Maksudnya : Saya sengaja mengeluarkan zakat fithrah atas isteri saya…( sebut nama isteri), fardhu karena Allah ta’ala

3. Zakat untuk anak-anaknya

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ/بِنْتِيْ…فَرْضاًَلِلّهِ تعالى

Cara membaca : Nawaitu- an ukhrija- zakatal fithri- an -waladi/binti…fardhol lillaahi ta’ala

Artinya : Saya sengaja mengeluarkan zakat fithra atas anak(laki-laki/perempuan)saya…(sebut nama anak) fardhu karena Allah Ta’ala

Demikian lafadz niat mengeluarkan Zakat Fithra, semoga bermanfaat.

Tentang ebes
Selalu mencari...

komentar