Cara Melindungi Akun Facebook Paling Aman

Image representing Facebook as depicted in Cru...

Kesal, jengkel, marah dan dendam. Itulah mungkin yang akan terjadi jika akun kita di situs jejaring sosial termasuk akun facebook dicuri atau istilahnya dibajak orang lain. Hal ini mungkin dan sangat mungkin terjadi di dunia internet yang terkenal dengan ketidakramahannya ini.

Berbagai motif yang dijadikan alasan orang-orang tersebut membobol akun kita, mulai dari sekedar coba-coba(iseng), merusak nama baik kita, pencurian chip poker dan lain-lain.Tentu apapun alasan nya tindakan mereka sangat merugikan sang pemilik akun. Biasanya akun-akun dibobol lewat email yang kita pakai untuk registrasi (pendaftaran) sewaktu akan menggunakan facebook. Kita tak bisa berbuat apa-apa jika sandi email kita juga ikut dibobol, lebih parah lagi diganti sandinya. Jalan terakhir tentu kita akan membuat akun facebook yang baru.

Mungkin solusi di bawah bisa melindungi akun facebook kita dari tindakan mereka ;

1. Daftar atau register memakai email dari Google (Gmail)

Image representing Gmail as depicted in CrunchBase

Seperti yang kita tau, jika kita menggunakan jasa Gmail akan ada verifikasi 2   langkah yang salah satunya adalah memakai nomor handphone. Ini sangat bermanfaat melindungi email kita dari para maling. Cara kerjanya setiap akan masuk gmail atau akun-akun yang terkait dengan google, google akan mengirim kode aktifasi ke ponsel kita. Jadi jika ada yang ingin memasuki email kita untuk mengganti sandi facebook  akan sedikit kesulitan karena yang mempunyai nomor handphone tersebut hanya anda sendiri.

2. Daftar atau registrasi facebook memakai handphone

Sedikit norak tetapi aman. Buka saja di browser handphone alamat ini http://m.facebook.com atau http://0.facebook.com lalu daftar di sana memakai nomor handphone kita. Nanti kalau setelah beres pendaftarannya kita bebas membuka facebook  baik dari handphone atau komputer. Masukkan saja nomor handphone kita lalu sandi atau password dan login(masuk).

Sampai saat ini memakai nomor handphone lebih aman dibandingkan dengan memakai email walaupun ada kekurangannya yaitu :

  • kurang bisa maksimal menggunakan aplikasi-aplikasi pihak ke tiga yang bekerjasama dengan facebook karena rata-rata pihak ke tiga tersebut menanyakan email pendaftaraan di facebook (belum ada yang memberi opsi nomor handphone).
  • setiap masuk facebook selalu ditanyakan email yang valid, tetapi tidak usah dihiraukan, abaikan saja.

 

 

 

 

 

Itulah sedikit cara melindungi akun facebook kita, semoga bisa memperlambat para pencuri password.(EB)

Tentang ebes
Selalu mencari...

2 Responses to Cara Melindungi Akun Facebook Paling Aman

  1. Jefry says:

    Bagi saya fb sangatlah penting dan dapat saya manfaatkan untuk mempromosikan jasa saya disana
    trims atas tips2nya sangat mewmbantu sekali..

    • ebes says:

      Iya mas, fb memang bisa kita gunakan sebagai sarana promosi gratis usaha kita termasuk usaha mas @jefry. moga lancar aja usahanya.

komentar